Sumber: uns.ac.id

Bagi kamu yang saat ini sedang duduk di bangku kelas 12 SMA, kamu saat ini pasti merasakan masa-masa yang sangat dilema. Mengapa? Karena kamu harus menentukan langkah untuk jenjang kehidupan yang selanjutnya, apakah akan langsung kerja, atau mungkin melanjutkan kuliah. Jika berminat melanjutkan kuliah, memilih jurusan untuk penunjang masa depan tentu menjadi hal yang cukup membingungkan. Namun sebenarnya menentukan jurusan bisa dengan mengikuti passion karena dengan demikian maka kamu bisa menjalankan kuliah sesuai dengan apa yang diminati.

Jika kamu suka dengan dunia sosial, khususnya dalam hal komunikasi, maka jurusan ilmu komunikasi menjadi pilihan yang sangat tepat. Kamu bisa mengikuti pendaftaran Universitas Tarumanagara untuk menentukan jurusan yang akan diambil. Jurusan ilmu komunikasi ini cukup banyak diminati karena memiliki prospek kerja yang bagus. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa memilih jurusan komunikasi.

Komunikasi Penting Untuk Dipelajari

Proses komunikasi sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya komunikasi, maka manusia tidak dapat bisa saling membantu satu sama lain dan tidak bisa mendapatkan informasi dengan mudah. Dalam hal ini, komunikasi secara langsung maupun melalui media sama-sama memiliki makna yang penting. Dengan mempelajari ilmu komunikasi, maka kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan pengetahuan terkait dengan proses komunikasi yang benar. Selain itu juga bisa lebih cermat dalam menerima dan menyampaikan pesan.

Ilmu Yang Dibutuhkan Sepanjang Masa

Meskipun setiap ilmu memiliki peran yang penting, tetapi ilmu komunikasi merupakan ilmu yang sudah pasti dibutuhkan sepanjang masa. Komunikasi tidak sebatas terkait interaksi antar individu, melainkan terkait dengan berbagai hal dalam penyampaian informasi, penyiaran, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang suka dengan hal ini, maka sangat direkomendasikan untuk masuk ke ilmu komunikasi.

Banyak Ilmu Yang Berawal Dari Ilmu Komunikasi

Ada banyak hal yang dipelajari dalam ilmu komunikasi. Di setiap cabang yang dipelajari, ilmu tersebut tentu memiliki peran tersendiri dalam kehidupan sosial. Pada kenyataannya, banyak sekali ilmu yang berawal dari ilmu komunikasi dan dibutuhkan oleh banyak orang. Bahkan, hal ini sangat mempengaruhi masyarakat, karena dibutuhkan oleh khalayak umum. Misalnya adalah ilmu jurnalistik, public relation, broadcasting, dan lain sebagainya. Jadi jangan anggap bahwa komunikasi tidak menjadi dasar bagi ilmu lainnya. Jika suka dengan komunikasi, maka kamu bisa cari info tentang pendaftaran kuliah jurusan ini.

Ilmu Komunikasi Selalu Berkaitan Dengan Media

Perlu diketahui bahwa ilmu komunikasi sangat berkaitan erat dengan media. Bagi kamu yang bercita-cita bekerja di media seperti halnya radio, televisi, koran, maka bisa memilih jurusan komunikasi ketika kuliah. Dalam kata lain, prospek kerja bagi mahasiswa jurusan komunikasi sangatlah luas, bahkan di setiap bidang pekerjaan biasanya membutuhkan orang lulusan ilmu komunikasi. Melalui jurusan ilmu komunikasi maka kamu bisa mendapatkan banyak sekali bekal untuk meningkatkan potensi sehingga bisa melangkah untuk meraih cita-cita dan terjun ke media massa. Apalagi orang-orang yang bekerja di media biasanya terlihat sangat keren dan cekatan.

Mengasah Kemampuan Retorika

Ketika masuk jurusan ilmu komunikasi, maka kamu akan diajarkan berbagai hal, salah satunya adalah terkait dengan retorika. Jurusan ilmu komunikasi merupakan jurusan yang mengajarkan kepada para mahasiswa terkait cara retorika dengan baik dan benar. Tidak heran jika banyak sekali lulusan ilmu komunikasi yang berhasil menjadi juru bicara, pembawa acara, pembawa berita, reporter,  penyiar, dan lain sebagainya. Apalagi kemampuan beretorika menjadi hal yang sangat penting karena jika cara bicara kamu tertata, baik, lugas, maka akan tampak berwibawa dan terpelajar.

Bagi kamu yang masih bimbang akan masuk ke jurusan apa ketika mendaftar ke perguruan tinggi, maka jurusan ilmu komunikasi menjadi pilihan yang tepat. Namun demikian, usahakan untuk memikirkan secara matang, karena selama kurang lebih 4 tahun akan mempelajari jurusan itu, sehingga harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa akses goKampus dan dapatkan berbagai informasi seputar kuliah yang lengkap dan detail.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *